Tupoksi



Era keterbukaan yang lebih mengedepankan aspek transparansi, efisiensi, efektifitas dan akuntanbilitas, Good Governance tata pemerintahan yang baik, merupakan issue pokok yang menjadi pusat perhatian semua institusi untukbberupaya menjadikannya sebagai sasaran capaian dalam meningkatkan kinerja organisasi. Di samping itu semakin ketatnya persaingan global, menuntut setiap institusi untuk dapat menerapkan prinsip Good Governance sebagai prasyarat agar tetap mampu berkiprah sejajar dengan kompetitor yang tidak hanya dalam lingkup lokal, tetapi sampai dalam lingkup global.

Teknologi Informasi dan Komunikasi yang sudah memberikan bukti mampu menciptakan media yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu dalam mentransformasikan informasi dari dan ke berbagai penjuru dunia, sangat menjanjikan bagi institusi sebagai salah satu solusi dalam mewujudkan Good Governance. Namun di sisi lain kondisi masyarakat yang belum sepenuhnya paham akan perlunya Teknologi Informasi dan komunikasi juga perlu memperoleh perhatian agar pada saatnya mereka tidak menjadi kelompok terpinggirkan hanya karena ketidak siapan dalam memahami peran Teknologi Informasi dan komunikasi dalam kehidupannya.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nganjuk melakukan upaya untuk memfasilitasi terwujudnya Good Governance melalui electronic Government (e-Government), pengurangan terjadinya kesenjangan informasi, penyebarluasan informasi dan pemberdayaan kepada masyarakat di bidang Teknologi Informasi dan komunikasi, serta melakukan pengelolaan dan pengembangan statistik sektoral.

Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Komunikasi dan Informatika

I. Tugas Pokok Dinas Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan sebagian urusan rumah tangga daerah di bidang komunikasi dan informatika yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengelolaan, koordinasi dan mengendalikan seluruh kegiatanbidang komunikasi dan informatika.

II. Fungsi Dinas Komunikasi dan informatika mempunyai fungsi :

  • Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di bidang Komunikasi dan informatika;
  • Pelaksanaan, pembinaan umum, teknis dan operasional bidang komikasi dan informatika berdasarkan kebijakan dan peraturan perundang – undangan yang berlaku;
  • Pelaksanaan kooordinasi antar badan/kantor/dinas dan unit kerja lainnya dalam rangka pelaksanaan di bidang komunikasi dan informatika;
  • Pelaksanaan, pengawasan, pengendalian rencana dan program pembangunan di bidang komunikasi dan informatika;
  • Pemrosesan dan pemberian izin untuk kegiatan yang berkaitan dengan bidang komunikasi dan informatika;
  • Pengelolaan administrasi umum meliputi ketatalaksanaan, keuangan, kepegawaian, peralatan dan perlengkapan dinas;
  • Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan dibidang komunikasi dan informatika;
  • Pelaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.