Tupoksi



Era keterbukaan yang lebih mengedepankan aspek transparansi, efisiensi, efektifitas dan akuntanbilitas, Good Governance tata pemerintahan yang baik, merupakan issue pokok yang menjadi pusat perhatian semua institusi untukbberupaya menjadikannya sebagai sasaran capaian dalam meningkatkan kinerja organisasi. Di samping itu semakin ketatnya persaingan global, menuntut setiap institusi untuk dapat menerapkan prinsip Good Governance sebagai prasyarat agar tetap mampu berkiprah sejajar dengan kompetitor yang tidak hanya dalam lingkup lokal, tetapi sampai dalam lingkup global.

Teknologi Informasi dan Komunikasi yang sudah memberikan bukti mampu menciptakan media yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu dalam mentransformasikan informasi dari dan ke berbagai penjuru dunia, sangat menjanjikan bagi institusi sebagai salah satu solusi dalam mewujudkan Good Governance. Namun di sisi lain kondisi masyarakat yang belum sepenuhnya paham akan perlunya Teknologi Informasi dan komunikasi juga perlu memperoleh perhatian agar pada saatnya mereka tidak menjadi kelompok terpinggirkan hanya karena ketidak siapan dalam memahami peran Teknologi Informasi dan komunikasi dalam kehidupannya.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nganjuk melakukan upaya untuk memfasilitasi terwujudnya Good Governance melalui electronic Government (e-Government), pengurangan terjadinya kesenjangan informasi, penyebarluasan informasi dan pemberdayaan kepada masyarakat di bidang Teknologi Informasi dan komunikasi, serta melakukan pengelolaan dan pengembangan statistik sektoral.

Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Komunikasi dan Informatika

I. Tugas Pokok

Dinas Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan sebagian urusan rumah tangga daerah dibidang komunikasi dan informatika, bidang persandian serta bidang statistik yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengelolaan, koordinasi dan mengendalikan seluruh kegiatan bidang komunikasi dan informatika, bidang persandian serta bidang statistik. 

II. Fungsi Dinas Komunikasi dan informatika mempunyai fungsi :

  1. Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dibidang komunikasi dan informatika, bidang persandian serta bidang statistik;
  2. Pelaksanaan, pembinaan umum, teknis dan operasional bidang komunikasi dan informatika, bidang persandian serta bidang statistik berdasarkan kebijakan dan peraturan perundang–undangan yang berlaku;
  3. Pelaksanaan koordinasi antar badan/kantor/dinas dan unit kerja lainnya dalam rangka pelaksanaan dibidang komunikasi dan informatika, bidang persandian serta bidang statistik;
  4. pelaksanaan, pengawasan, pengendalian rencana dan program pembangunan dibidang komunikasi dan informatika, bidang persandian serta bidang statistik;
  5. Pengelolaan dan pengembangan informasi dan komunikasi publik serta aplikasi informatika;
  6. Pengelolaan dan pengembangan e-government dan smart city;
  7. Pemrosesan rekomendasi untuk kegiatan yang berkaitan dengan bidang komunikasi dan informatika;
  8. Pengelolaan administrasi umum meliputi ketatalaksanaan, keuangan, kepegawaian, peralatan dan perlengkapan dinas;
  9. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan dibidang komunikasi dan informatika, bidang persandian serta bidang statistik;
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.