Rapat Koordinasi Pembangunan Database Sektoral Kabupaten Nganjuk


 2020-01-09 |  Yesy Agustin

Menindak lanjuti arahan Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidhayat, S.Sos, M.M mengenai pembangun database Nganjuk, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nganjuk menggelar Rapat Koordinasi Pembangunan Database, di Ruang Rapat Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kamis (09/01/2020).

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nganjuk Slamet Basuki, A.P, dan dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Bappeda, Dinas PMD, Dinas Kesehatan, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Rapat koordinasi pembangunan database bertujuan untuk penyusunan data sektoral di Kabupaten Nganjuk agar valid. Dengan metode utama collecting data atau sensus, maka mempermudah untuk mengumpulkan atau membangun Basis Data yang di dukung oleh mitra Survey meter.

Menurut Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nganjuk Slamet Basuki, A.P, mengatakan, kegiatan Rakor pembangunan database bertujuan untuk penyusunan data sektoral di Kabupaten Nganjuk tidak tumpang tindih.

“ Maka, dengan peran Kominfo sebagai wali data diharapkan OPD sebagai produsen data dapat mengolah data untuk di publikasikan, “ ujar Slambas, sapaan Kepala Dinas Kominfo.

Menurut, Slambas, dengan sinergritas dari pemerintah desa, mitra survey meter dan pemerintah nganjuk. Kedepan penyusunan satu data di Kabupaten Nganjuk dapat diperluas jangkauan wilayahnya di 284 desa dan kelurahan.

Sementara itu, Mitra Survey meter Rony, menjelaskan, dari pengalaman dengan menggunakan metode utama collecting data atau sensus pengumpulan database bisa di dapat secara valid.

“ Dengan instrumen penyusunan data melalui pelatihan kader – kader dalam pengelolaan data untuk mengumpulkan data yang valid sebagai dasar pertimbangan, “ tambahnya. (hs,ys)