Pacu Keterbukaan Informasi Publik dan Layanan Pengaduan Masyarakat Dinas Kominfo Beri Wawasan Pengel


 2019-11-28 |  Bidang IKP

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Nganjuk berupaya mendorong keterbukaan informasi publik dan pelayanan pengaduan masyarakat secara menyeluruh. Bahkan hingga di tingkat desa. Untuk itu, Dinas Kominfo bekerja sama dengan Dinas PMD dan SMKN 1 Bagor memberi wawasan pengelolaan website kepada para admin website desa, Kamis, (28/11/2019).

Kepala Dinas Kominfo Nganjuk Slamet Basuki, A.P, menuturkan, saat ini pihaknya telah menyiapkan website bagi seluruh desa di Kota Angin. Website desa itu diperuntukkan untuk memberi keterbukaan informasi publik. Serta layanan pengaduan masyarakat.

“Publik berhak mengetahui informasi yang mereka butuhkan,” ujar pria yang akrab disapa Slambas ini.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Samsul Huda yang membuka acara di SMKN 1 Bagor itu. Menurutnya website desa dapat menjadi sarana penyebaran informasi terkait kebijakan dan pengelolaan keuangan desa masing-masing. 

“Dan bagi PPID ( pejabat pengelola informasi dan dokumentasi ) harus mengetahui standart dalam dalam melaksanakan tugasnya. Khususnya dalam kaitan penyebaran informasi melalui website,” kata Staf Ahli Bupati Samsul Huda.

Untuk diketahui, Dinas Kominfo mengundang beberapa tamu pada seremonial pembukaan. Seperti Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Nganjuk, Teguh Ovy Andriyanto. Selain hadir, ia juga didapuk menjadi narasumber pada acara itu. Kemudian hadir pula Kepala SMKN 1 Bagor, Suparjo dan perwakilan dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah Kabupaten Nganjuk.

Pada kesempatan tersebut Dinas Kominfo mengundang 304 peserta. Mereka adalah para admin website desa maupun kelurahan dan kecamatan seluruh Kabupaten Nganjuk. Usai pembukaan, para peserta dibagi menjadi beberapa kelas. Pada satu kelas diisi oleh para admin website desa dari beberapa kecamatan berbeda.