Menuju Indonesia Bebas AIDS 2030 Dengan Program Three Zero


 2023-01-18 |  Admin

Dalam rangka untuk mencegah penurunan resiko penyakit HIV AIDS yang ada di Kabupaten Nganjuk, Komisi Pemberantasan AIDS (KPA) Nganjuk terus menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat baik secara online maupun offline.

Hari ini, Rabu (18/01/2023) bertempat di Radio Anjuk Ladang Nganjuk petugas lapangan KPA Nganjuk Trisna Eka Setyowati siap memberikan penyuluhan bertemakan Eliminasi HIV AIDS tahun 2030.

Dikatakan Trisna saat menjadi narasumber bahwa dalam kurun waktu delapan tahun kedepan akan diadakan eliminasi terkait HIV AIDS.

Dalam kurun waktu tersebut KPA perlu mempersiapkan strategi atau cara melalui desain program atau apapun itu agar bagaimana caranya Kabupaten Nganjuk bisa bebas sehingga tidak ada temuan kasus HIV baru.

Trisna menjelaskan bahwa sebelumnya kita sudah mempunyai beberapa langkah atau program untuk penanganan kasus HIV AID tersebut dengan three zeroThree zero ini sudah diprogram untuk lima tahun mendatang. Yang isinya yaitu  pertama tidak adanya kasus temuan baru, kedua menurunkan angka kematian dan kesakitan kepada penderita HIV dan ketiga tidak ada stigma dan diskriminasi terhadap penderita HIV.

“Jika kita sudah mempunyai langkah-langkah tersebut di lima tahun mendatang yaitu tahun 2028, maka ditahun 2030 kita sudah mempunyai persiapan dan siap untuk di eliminasi,” jelas Trisna.

Ditegaskan Trisna bahwa didalam Forum Kabupaten Sehat (FKS) ada beberapa indikator yang nantinya akan mengarah ke skor.

“Jika kasus penemuan HIV tinggi berarti skornya buruk dan sebaliknya. Ini adalah salah satu bentuk permasalahan yang harus kita selesaikan bersama salah satunya dengan melakukan sosialisasi setiap tahun bersama Komisi Pemberantasan AIDS,” imbuhnya.

“Mari kita bangun promosi preventif khususnya melalui keluarga dan mari kita tingkatkan pengetahuan tentang bahaya seks yang bisa menyebabkan HIV AIDS,” ajak Trisna kepada masyarakat.