Cegah HIV/AIDS Dengan Pola Hidup Sehat


 2023-01-18 |  Admin

Radio Anjuk Ladang Kabupaten Nganjuk menggelar talkshow bersama dengan KPAD (Komisi Penanggulangan AIDS Daerah) Kabupaten Nganjuk, Selasa (17/01/2023). 

Kegiatan yang mengusung tema kenal, cegah dan stop HIV/AIDS ini dihadiri oleh Triono selaku manager kasus KPAD, Desika selaku pembantu keuangan dan staf KPAD Kabupaten Nganjuk.

Dijelaskan Triono bahwa HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, sedangkan AIDS adalah kondisi akibat serangan virus HIV. Sehingga jika kekebalan tubuh manusia sudah diserang otomatis orang tersebut mudah terserang penyakit. 

Adapun gejala-gejala orang yang menderita penyakit HIV/Aids diantaranya yaitu mengalamai flu ringan antara 2 sampai 6 minggu. "Dan penyakit Aids belum ada obatnya kecuali dengan penanganan khusus dengan ARV," terang Triono.

Jika kita lihat data dari tahun 2002 sampai dengan 2022. Untuk perempuan yang terpapar HIV berjumlah 1019 sampai tahun 2023. "704 dari masyarakat umum dan 309 dari kelompok beresiko," lanjutnya. 

Sementara itu, Desika memaparkan bahwa penularan HIV/Aids bisa melalui jarum suntik, darah, cairan asi, cairan vagina, sperma dan lain sebagainya.

"HIV/Aids tidak menular melalui udara yang terpenting tidak kontak melalui seksual," imbuhnya 

Dijelaskannya sesuai prosedur jika ditemukan orang yang positif terpapar HIV harus segera melakukan pengobatan atau ARV. 

ARV sendiri yaitu pengobatan dengan metode mengurangi risiko penularan HIV, menghambat perburukan infeksi oportunistik, meningkatkan kualitas hidup penderita HIV, dan menurunkan jumlah virus (viral load) dalam darah sampai tidak terdeteksi.

"Semoga dengan adanya talkshow ini masyarakat bisa lebih mengenal tentang penyakit HIV/AIDS dan lebih bisa menjaga dirinya sendiri dengan pola hidup sehat," harap Triono.