Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan Indeks Masyarakat Digital Indonesia 2022. Indeks ini mengukur skill dan literasi digital masyarakat di berbagai kabupaten/kota Indonesia tahun 2022.
IMD Indonesia merupakan tindak lanjut inisiatif Indonesia dalam Presidensi G20 yaitu menyusun “Digital Literacy and Digital Skill Toolkit”, sebuah toolkit yang dapat digunakan oleh negara-negara G-20 untuk mengukur kondisi literasi dan keterampilan digital masyarakat di masing-masing negara.
Indeks ini memberikan gambaran kemampuan digital masyarakat Indonesia, infrastruktur digital, hingga serapan teknologi digital di kehidupan sehari-hari dan pekerjaan.
Indeks Masyarakat Digital Indonesia mendapat nilai rata-rata 37,8 dari skor maksimum 100. Rata-rata ini didapat dari sejumlah pilar yakni:
Pilar Infrastruktur dan Ekosistem : 40,24
Pilar Keterampilan Digital : 49,35
Pilar Pemberdayaan : 22,06
Pilar Pekerjaan : 40,35
Skor IMDI 2022 diperoleh melalui data primer dan sekunder. Data primer berupa kuesioner yang diisi oleh 16.000 responden masyarakat dan 9.000 responden perusahaan di seluruh kabupaten/kota di Indonesia.
Sementara data sekunder adalah data yang sudah tersedia seperti jumlah BTS dan infrastruktur lain.
Sumber : IndonesiaBaik