Guna Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19,Bupati Nganjuk Resmikan Kampung Tangguh di Desa Gampeng


 2020-06-18 |  Yesy Agustin

Upaya Pemerintah Kabupaten Nganjuk dalam mengantisipasi pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona/Covid-19 terus dilakukan, yaitu melalui program Kampung Tangguh.

Program yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama Polda Jawa Timur dan Kodam V Brawijaya  ini berbasis kampung dengan mengandalkan solidaritas dan kegotongroyongan warga di tingkat kelurahan hingga RW.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Nganjuk kembali meresmikan Kampung Tangguh di Desa Gampeng Kecamatan Ngluyu, Kamis (18/06/2020).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidhayat, S.Sos,MM didampingi Wakil Bupati Nganjuk Dr. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE,SH,MH,MBA, Jajaran Forkopimda Nganjuk, Direktur Exsindo, Kepala OPD, Camat Ngluyu bersama Forkopimcam dan Kepala Desa se-Kecamatan Ngluyu.

Kegiatan diawali dengan pemotongan pita sebagai simbolis peresmian Kampung Tangguh, Bupati Nganjuk kemudian meninjau fasilitas pendukung di Kampung Tangguh Semeru, di antaranya lumbung pangan, lumbung informasi, lumbung kesehatan, ruang isolasi, dapur umum, dan fasilitas cuci tangan.

Dalam sambutannya Bupati Nganjuk H.Novi Rahman Hidhayat, S.sos. MM menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Desa maupun warga Gampeng Kecamatan Ngluyu ini, yang sudah bergotong-royong berkomitmen untuk menyiapkan Kampung tangguh sebagaimana mestinya.

“Hal ini sebagai langkah untuk mencegah penyebaran Covid-19, karena Covid-19 tidak hanya mengancam masalah kesehatan dan keselamatan jiwa saja, “ Ujar Mas Novi, sapaan akrab Bupati Nganjuk.

Lebih lanjut Mas Novi menjelaskan agar pelaksanaan Kampung Tangguh tidak hanya secara ceremonial saja, tetapi bisa berjalan secara berkelanjutan.

“Karena pemerintah daerah berkomitmen untuk menjalankan program kampung tangguh ini guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, hal ini akan menjadi pondasi yang kuat jika masyarakat juga mendukung serta berperan aktif didalamnya, “ tambahnya.

Sementara itu Plt. Kepala Desa Gampeng Sutoyo menyampaikan kesiapan desa Gampeng untuk menjadi Kampung Tangguh, dengan pemaparan profil desa dan kegiatan-kegiatan pendukung lainnya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Dengan kesiapan sarana kesehatan, rumah isolasi, lumbung pangan, pos pantau tanggap Covid-19 serta menyiapkan Command Center Desa sebagai pusat pengendali di Desa Gampeng, “ ujar Sutoyo Plt. Kepala Desa Gampeng.

Diakhir kegiatan Bupati Novi bersama Jajajaran Forkopimda Nganjuk menandatangani prasasti bukti bahwa Desa Gampeng sebagai Kampung Tangguh. (diskominfo)