Pemkab Nganjuk Resmikan 14 Desa dan 2 Kelurahan di Kecamatan Tanjunganom sebagai Kampung Tangguh


 2020-06-10 |  Yesy Agustin

Kampung Tangguh Semeru (Sehat, Aman, Tertib, Rukun) merupakan langkah antisipasi untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona/Covid-19, program yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama Polda Jawa Timur dan Kodam V Brawijaya  ini berbasis kampung dengan mengandalkan solidaritas dan kegotongroyongan warga di tingkat kelurahan hingga RW.

Bertempat di Pendopo Desa Banjaranyar Kecamatan Tanjunganom, Rabu (10/06/2020). Pemerintah Kabupaten Nganjuk kembali meresmikan 14 Desa dan 2 Kelurahan di Kecamatan Tanjunganom sebagai Kampung Tangguh

Dihadiri oleh Wakil Bupati Nganjuk Dr. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE,SH,MH,MBA, Kapolres Nganjuk AKBP Handono Subiakto, SH,S.IK,MH, Kajari Nganjuk Firmansyah Shuban,SH,MH, Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahjono, A.Md, Camat Tanjunganom Edi Srijianto SE,MM beserta Forkopimcam, dan seluruh tamu undangan.

Diawal kegiatan Wakil Bupati Nganjuk memberikan santunan kepada anak yatim piatu kemudian dilanjut meninjau fasilitas pendukung di Kampung Tangguh Semeru, di antaranya lumbung pangan, lumbung informasi, lumbung kesehatan, ruang isolasi, dapur umum, dan fasilitas cuci tangan.

Di Kampung Tangguh Semeru ini warga yang keluar masuk Desa diwajibkan pakai masker, melapor bila datang dan bepergian, cuci tangan sebelum masuk rumah, dan menjaga jarak selama beraktivitas.

Dalam sambutannya, Kang Marhaen, sapaan akrab Wakil Bupati Nganjuk berharap dengan adanya peresmian Kampung Tangguh Semeru ini bisa benar-benar diterapkan secara berkesinambungan dan tidak hanya sebatas teori atau rencana-rencana

"Keberadaan Kampung Tangguh ini, sangat efektif untuk menekan penyebaran Covid-19 dan kita juga harus berkomitmen untuk selalu disiplin mengikuti SOP yang ada, " ujar Kang Marhaen.

“Oleh karena itu, kesadaran masyarakat sangat dibutuhkan untuk menjadikan kampung mereka sebagai Kampung Tangguh Semeru”. Tambahnya

Sementara itu, Camat Tanjunganom Edie Srijanto dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini merupakan bentuk sinergi tanggungjawab dan kerjasama seluruh forkopimda untuk selalu komitmen menanggulangi penyebaran Covid-19

Kapolres Nganjuk AKBP Handono Subiakto mengatakan bahwa  tiga hal yang menandai ciri khas kampung tanguh yaitu tangguh dalam bidang keamanan, tangguh dalam bidang kesehatan dan tangguh dalam ketahanan pangan atau ekonomi. (Diskominfo)