Beri Himbauan Masyarakat yang Merantau agar tidak Mudik, Mas Novi Kembali Kunjungi 3 Posko Covid-19


 2020-04-16 |  Harissudin

Pemerintah Kabupaten Nganjuk terus mengintensifkan upaya pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19), Kamis (16/04/2020). 

Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidhayat,S.Sos, M.M bersama Wakil Bupati Nganjuk Dr. Drs. Marhaen Djumadi, SE,SH,MH,MBA melakukan kunjungan ke 3 posko siaga Covid-19. 

Adapun posko siaga Covid-19 yang ditinjau yaitu di Kecamatan Pace, Kecamatan Loceret dan Kecamatan Ngetos. Dalam pelaksanaannya posko dijaga oleh personil dari unsur Polri, TNI, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan. 

Turut hadir dalam acara tersebut Jajaran Forkopimda Nganjuk, Assisten Pemerintahan Nganjuk, Kepala Dinas Kesehatan dr Achmad Noeroel Cholis, Kepala Dinas Sosial dan PPA Nafhan Tohawi, S.H. M. H, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs. Haris Jatmiko, S.Pd, M.Si, Camat beserta Forkopimcam, Kepala Desa se- Kecamatan, dan BPD se-Kecamatan.

Bupati Nganjuk mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk melihat bagaimana kesiapan penanganan Covid-19, di Kabupaten Nganjuk.

Selain itu, Pemkab Nganjuk juga memberikan bantuan sembako selama minimal tiga bulan kedepan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 dengan kriteria yaitu warung atau penjual makanan di sekolah, penjual asongan, pedagang keliling, korban PHK, tukang becak, ojek konvensional/ online, pedagang kaki lima, karyawan dirumahkan, buruh tani dan kuli bangunan.

Pemkab Nganjuk dalam kunjungan posko Covid juga memberikan bantuan desinfektan, sembako dan termo guns untuk percepatan penanganan Covid-19.

“ Saya berharap kepada Bapak Ibu Kepala Desa bisa memberikan arahan kepada masyarakat tentang apa itu covid-19 (Corona), sehingga tidak muncul stigma pemikiran atau isu-isu negatif dilapangan terhadap orang yang terkena Covid-19”. tegas Mas Novi.

“ Yakin bahwa Virus Corona ( Covid-19) bisa di sembuhkan, hal ini dapat dijadikan edukasi bagi masyarakat dalam mengurangi stigma ketakutannya sehingga dapat meningkatkan imun kesehatan dengan cara mengikuti arahan protokol kesehatan dan berfikir positif, “ tambahnya.

Dalam upaya pencegahan supaya perekonomian tidak turun, Bupati Nganjuk membuat keputusan untuk tidak melakukan Lockdown atau karantina wilayah.

Bupati juga memberikan himbauan kepada masyarakat Nganjuk yang ada di perantauan agar tidak mudik dulu, ini supaya menjadi langkah dalam memutus mata rantai penyebaran wabah Covid -19 di Kabupaten Nganjuk. (Diskominfo)