Bupati Novi Pantau Kesiapan Rumah Singgah PDP Dan OTG Covid-19 di Gedung Mpu Sendok


 2020-05-04 |  Harissudin

Bupati Nganjuk  H. Novi Rahman Hidhayat, S.Sos,M.M meninjau kesiapan rumah singgah atau tempat isolasi bagi Orang Tanpa Gejala (OTG) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP), yang bertempat di Gedung Mpu Sendok, Kecamatan Nganjuk, Senin (04/05/2020).

Meski tidak ada karantina wilayah atau lockdown, hal itu dilakukan Pemkab Nganjuk sebagai langkah antisipasi agar perantau yang mungkin terpapar covid-19 tidak menulari keluarga atau warga lain di kampung halamannya.

Bupati Nganjuk, H. Novi Rahman Hidhayat, S.Sos,M.M menjelaskan, pihaknya telah memastikan kesiapan tempat isolasi bagi warga perantau atau pemudik berisiko tinggi positif corona di gedung Mpu Sindok.

“Dengan demikian warga perantau tersebut tidak boleh langsung pulang ke kampung halamannya di Nganjuk sebelum menjalani masa isolasi selama 14 hari, “ ujar Mas Novi, sapaan akrab Bupati Nganjuk.

Lebih lanjut Mas Novi, mengatakan di Gedung Mpu Sendok ini lebih representatif, efisien, dan tidak memakan waktu banyak dibanding jika ditempatkan di Rumah Sakit lama Kertosono.

"Rumah singgah ini, merupakan langkah untuk mematuhi protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran virus corona di Kabupaten Nganjuk," terang Mas Novi seusai meninjau kelengkapan fasilitas Gedung Mpu Sindok di Kecamatan Nganjuk.

Di sana tersedia berbagai fasilitas bagi warga yang menjalani isolasi. Diantaranya 92 tempat tidur (kasur) lengkap dengan AC, selimut, pos jaga, dan kamar mandi serta fasilitas tambahan seperti meja biliard, meja pingpong, dan lainnya untuk bersantai dan berolahraga.

"Dengan demikian kami harapkan warga yang menjalani isolasi di gedung Mpu Sindok ini tidak jenuh, dan bisa menikmati masa isolasi dengan santai dan gembira," ucap Mas Novi.

Bupati Nganjuk juga mengajak masyarakat untuk mematuhi himbauan Pemerintah. Apalagi di Kabupaten Nganjuk saat ini sudah ada tujuh kecamatan yang berstatus sebagai zona merah. Yakni Kecamatan Patianrowo, Baron, Kertosono, Prambon, Gondang, Ngajuk Kota, dan Pace dengan sebelas Pasien terkonfirmasi positif virus corona. (Diskominfo,foto:humaskabnganjuk)