Rapat Evaluasi Kinerja Operasional Command Center Kabupaten Nganjuk


 2020-02-10 |  Yesy Agustin

Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar rapat evaluasi tentang kinerja operasional Command Center, di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk, Senin ( 10/02/2020)


Command Center Kabupaten Nganjuk merupakan sebuah lokasi atau tempat pusat kendali layanan informasi, layanan pengaduan, dan layanan kedaruratan oleh Pemerintah Kabupaten Nganjuk dalam mewujudkan Nganjuk Smart City


Ini merupakan kesigapan pemerintah dalam memberi pelayanan yang prima kepada masyarakat. Terlebih lagi, di era digital dan arus cepat informasi, dibutuhkan berbagai inovasi atau perubahan cara agar proses layanan bisa lebih efektif untuk diterima masyarakat


Turut hadir perwakilan Dinas Kesehatan (PSC  119), Satuan Polisi-PP (Damkar), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas PUPR ( URCPJ ), Dinas Perhubungan ( PJU dan UPILL ), Dinas Sosial dan PPA ( Sosial ) dan petugas Command Center (Call Taker)


Dalam sambutannya Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nganjuk, Slamet Basuki, A.P mengatakan sejak diresmikan 23 Desember 2019 sampai 23 Januari 2020 (sebulan lalu), Command Center telah melayani 83 pengaduan atau sekitar 3 pengaduan per hari


“Sebanyak 53 pengaduan ( 63%) pengaduan. Meliputi kesehatan 6 layanan (11,32%), kebakaran 8 layanan ( 15,09%), kebencanaan 17 layanan ( 32,07%) dan kerusakan jalan 6 layanan (11,32%), “ ujar Slambas, sapaan akrab Kadis Kominfo Kabupaten Nganjuk


“Serta kerusakan PJU dan APILL 12 layanan (22,64%), sosial 4 layanan (7,5%) dan pengaduan non darurat sebayank 30 layanan (36,2%), “ tambahnya


Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Gatut, menambahkan bahwa Dinas Kominfo harus menjembatani kepentingan masyarakat, dalam hal pelayanan penyampaian informasi serta merespon aduan untuk di kembalikan ke OPD terkait


“ Misalnya terkait kerusakan jalan, kesehatan, PJU dan APILL, sosial, bencana dan pemadam kebakaran, “ tegasnya

Agar masyarakat tidak kesulitan menginggat atau menghubungi banyak nomor telepon, Pemerintah Kabupaten Nganjuk Menyediakan satu nomor telepon layanan darurat Command Center yakni 081 131 181 001 untuk enam jenis pengaduan darurat

masyarakat juga dapat menghubungi nomor 081 131 181 001 melalui aplikasi Android Nganjuk Smart City yang dapat di unduh di https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.nganjukkab.diskominfo.nsc 
 (Ay,Ys,Hs,Al/Diskominfo)