Wujudkan Data Daerah dan Desa yang Akurat, Pemkab Nganjuk Gelar Persiapan Pembangunan Data


 2020-01-30 |  Yesy Agustin

Pemerintah Kabupaten Nganjuk serius membangun data Daerah dan data Desa yang lengkap dan akurat mulai tahun 2020. Guna mewujudkan itu, Pemerintah Kabupaten Nganjuk menggelar rapat persiapan Pembangunan Data Daerah dan Data  Desa, Kamis (30/01/2020)  di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kab.Nganjuk yang dipimpin langsung oleh Plt. Sekda Drs. Nur Solekan, M.Si, dan dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra  Samsul Huda, SH. M.H, Kepala Dinas Kominfo Kab.Nganjuk Slamet Basuki, AP, Inspektorat, Dinas, Bappeda, Dinas PMD, Dinas Kesehatan, Camat, dan BPS. 

Drs. Nur Solekan, M.Si dalam arahannya mengatakan “data yang lengkap dan akurat mutlak dibutuhkan untuk mendukung pembangunan daerah dan desa” ujarnya

“setiap OPD termasuk Kecamatan harus bekerja keras mendukung pembangunan data daerah dan data desa” tegasnya

Slamet Basuki, A.P menjelaskan bahwa data yang ada belum tersedia secara lengkap, akurat, belum memenuhi standart data. OPD sebagai produsen data dan Desa punya kewajiban menyusun data profil desa setiap tahun, sehingga ada sinergi antara Pemkab dengan Pemdes dalam membangun data. 

 “Untuk mengatasi masalah data, Pemkab dan Pemdes mengadakan pendataan dengan metode sensus rumah tangga pada 284 Desa dan Kelurahan di Nganjuk mulai April sampai Juni 2020” Pungkasnya


Dengan metode sensus, data yang akurat dapat dimanfaatkan oleh Kepala Desa untuk mengisi data Profil Desa dan data IDM, serta dimanfaatkan oleh OPD untuk keperluan SIPD.