Desk Data Sektoral OPD dengan Data Base Sistem Informasi Pembanguan Daerah ( SIPD )


 2020-01-16 |  Yesy Agustin

Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar Rapat koordinasi ketiga dalam Finalisasi Indikator Satu Data Tahun 2020, di Ruang Rapat Planing Center Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah ( Bappeda ) Nganjuk, Rabu (15/01/2020).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nganjuk Slamet Basuki, A. P, dan dihadiri oleh  perwakilan Dinas Kesehatan, Dinas PPKB, Disparporabud, Dispendukcapil, Dinas PPKB, Bappeda, Dinas Sosial dan P3A, Disnakerkop dan UM, Dinas PMD, Dinas LH, Dinas PUPR, dan DPRKPP untuk  membahas kelengkapan data.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari rakor sebelumnya, dimana pada pertemuan kali ini, menyesuaikan data yang tersedia dan dibutuhkan oleh  OPD.

Dalam pemaparannya, Slamet Basuki, A. P, mengatakan, bahwa tujuan kegiatan ini  dilakukan untuk mengumpulkan data dengan metode sensus yang dibantu oleh pihak surveymeter untuk mensurvey 284 desa kelurahan di Nganjuk dan data sektoral.

“Dengan menggunakan metode tersebut, jenis datanya juga akan diperluas. Sehingga petugas sensus bisa dipilih dari kader masyarakat tersebut untuk mendapatkan hasil data yang lebih akurat, “ tambahnya.

Sementara itu, Mitra Survey Meter Yogjakarta, Rony, mengatakan, Kabupaten Nganjuk merupakan pertama yang  mempunyai basis data sendiri, bukan data olahan yang sudah disediakan.

“ Sumber basis data tersebut meliputi, data dari rumah tangga dengan sensus, Data dari komunitas (pihak desa), Data fasilitas (sekolah, Pukesmas) dan data Sektoral (OPD), “ jelasnya. (hs,ys/diskominfo)