Finalisasi Instrumen Indikator DataBase Kabupaten Nganjuk


 2020-01-16 |  Yesy Agustin

Bertempat di Ruang Rapat Planing Center, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Nganjuk, Selasa (14/01/2020). Dilaksanakan Rapat Koordinasi Finalisasi Instrumen Indikator Data Base Kabupaten Nganjuk.

Rapat koordinasi kedua ini diikuti oleh internal Dinas Kominfo, Bappeda, Dinas Kesehatan dan mitra SurveyMeter Yogjakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan indikator data yang diperoleh dari Sensus data primer dengan Sistem Informasi Pembangunan Daerah ( SIPD ).

Kegiatan di pimpin oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nganjuk, Drs. Sarwo Widodo. Rapat Koordinasi ini merupakan strategi dalam menyelaraskan Perencanaan Instrument Indikator Data Primer yang diperoleh dari sensus yang disandingkan dengan sistem informasi pembangunan daerah (SIPD).

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nganjuk Sarwo widodo, mengatakan, perlu penyesuaian dasboard data masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  dalam merumuskan data.

“ Dasboard harus menyesuaikan kebutuhan masing-masing OPD, agar dalam kebijakan pengambilan data tidak salah sasaran, “ ujar Sekretaris Dinas Kominfo, Sarwo Widodo.

Sementara itu, dari mitra Survey Meter Yogjakarta Roni, menjelaskan, penyusunan data potensi dari Kecamatan dapat di aplikasikan dengan quesioner, dengan pertimbangan pembuatan quesioner dari kebutuhan dan muatan sebuah survey (konten data), “ Ujar mitra Survey Meter, Roni.

Lebih lanjut, Roni, menambahkan, untuk menambahkan variabel yang sama dibutuhkan sinkronisasi data ke dasbord. Sehingga dapat dijadikan pendoman konsep penyelerasan data dengan SIPD, Data Sektoral dan data-data lain yang dibutuhkan oleh OPD. (hs,ys)