Kementerian PANRB adakan monitoring dan evaluasi (SP4N-LAPOR)


 2019-10-08 |  Alfian Sasono

Kementerian PANRB menyelenggarakan 
monitoring dan evaluasi serta pendampingan intensif Sistem lInformasi Pelayanan Publik Nasional (SIPPN) dan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (SP4N-LAPOR!), bagi 38 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur, pada 3 Oktober 2019 bertempat di Ruang Rapat  Hayam Huruk Wuruk Lantai VIII Kantor Gubernur Jawa Timur. 

Hadir dalam acara adalah Bagian Organisasi,  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil, Dinas Komunikasi dan Informasi, dan Direktur Rumah Sakit
Umum Daerah dari 38 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. 

“SIPP dan SP4N-LAPOR! diharapkan dapat menjawab tantangan bagi pemerintah untuk mentransformasi penyelenggaraan publik secara efektif, efisien, dan terintegrasi secara nasional,” ujar Dr. Drs. Muhammad Imanuddin, S.H., M.Si, Asdep Perumusan Kebijakan dan Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik Kemen PANRB, Kamis (3/10/2019).

Sementara itu, hasil evaluasi SIPP & SP4N-LAPOR! Kabupaten Nganjuk dinilai berkinerja baik. Untuk SIPP, dari 3 OPD yang ditargetkan Kemen PANRB, Kabupaten Nganjuk telah menerapkan pada 4 instansi yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Puskesmas Berbek, Puskesmas Patianrowo. Sedangkan SP4N-LAPOR! dari 81 laporan pengaduan masyarakat, sebanyak 79 atau 97,5% laporan telah ditindaklanjuti oleh OPD. 

Kinerja yang baik dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik tersebut merupakan bukti dari komitmen pelayanan publik dan reformasi birokrasi yang dicanangkan oleh Bupati Nganjuk dalam Misi ke-2 RPJMD Kabupaten Nganjuk Tahun 2018-2023 yakni: "Meningkatkan kinerja birokrasi yang bersih, profesional dan akuntabel (accountable) demi masyarakat Kabupaten Nganjuk yang efektif dan efisien melalui penyelenggaraan Pemerintahan yang aspiratif, partisipatif dan transparan". 

Untuk diketahui, SIPP merupakan media informasi elektronik satu pintu meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi serta mekanisme penyampaian informasi dari penyelenggara pelayanan publik kepada masyarakat. 
Sedangkan SP4N-LAPOR! adalah sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan laporan kepada Pemerintah Kabupaten Nganjuk. 

Masyarakat dapat menyampaikan aspirasi atau pengaduan kepada Pemkab Nganjuk melalui:  
???? website http://wadulmasnovi.nganjukkab.go.id/
???? SMS dengan format: KAB.NGANJUK<spasi>ISI ADUAN kirim ke nomor 1708
???? hubungi Radio Suara Anjuk Ladang 105,3 FM, Jl. Merdeka No 21 Kel. Mangundikaran - Nganjuk (Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika) no telpon ???? / WA  0813-3175-5095
???? melalui aplikasi Android yang dapat diunduh pada http://play.google.com/store/apps/details?id=com.deptech.lapor