Peringati Hari Kartini, ASN Diskominfo Kompak Kenakan Pakaian Kebaya.


 2021-04-21 |  Root

Nganjuk-Setiap tanggal 21 April, diperingati sebagai Hari Kartini. Sebagai bentuk penghargaan dan dukungan terhadap Kartini serta emansipasi wanita, Pemkab Nganjuk memerintahkan mengenakan kebaya bagi pegawainya yang perempuan, Rabu (21/04/2021). Sedangkan bagi pegawai pria, mengenakan baju seragam yang berlaku saat itu.

 

Hal itu cukup membuat mencolok, dan menjadi pemandangan berbeda. Di mana biasanya para pegawai mengenakan pakaian dinas harian (PDH). Meski demikian, para pegawai Pemkab Nganjuk nampak antusias dan bersemangat. Dengan berkebaya dalam peringatan Hari Kartini ke 142, para pelayan masyarakat itu cekatan melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya.

 

Pemandangan yang berbeda tersebut juga terlihat di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Nganjuk. Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Nganjuk Ida Shobihatin, AP, M.Si mengatakan, dalam rangka peringatan Hari Kartini ke 142, para pegawai wanita baik ASN maupun Non ASN mengenakan kebaya. Sedangkan untuk pria, mengenakan baju seragam yang berlaku saat itu. “Berlaku setiap tahunnya di seluruh lingkup Pemkab Nganjuk,” tuturnya.

 

Mantan Camat Gondang ini mengungkapkan, berkebaya tersebut merupakan penghormatan bagi Raden Ajeng (RA) Kartini. Jasanya sangat penting bagi kaum perempuan. Terutama, semangat memperjuangkan emansipasi wanita dan simbol persamaan gender.

 

“Semoga peringatan ini bisa menjadi teladan maupun inspirasi bagi kaum Kartini yang ada di Nganjuk untuk tetap menunjukkan semangat perjuangannya terdahulu dengan berprestasi serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar ,” harapnya. (Hs/Ys)

 

Berita ini telah terbit di Portal Informasi Nganjuk dengan judul "Peringati Hari Kartini, Pegawai Pemkab Nganjuk Berkebaya"