Pemkab Nganjuk Mulai Uji Coba Aplikasi SiMAYA


 2021-04-21 |  Root

NGANJUK, PING-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemen Kominfo) melalui Direktorat e-Government telah mengembangkan aplikasi perkantoran dengan sebutan Sistem Informasi Administrasi Perkantoran Maya (SiMAYA) yang dapat digunakan oleh kementrian, lembaga maupun pemerintah daerah. Berdasarkan Tata Naskah Dinas Elektronik yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN) No. 06/2011 mengenai Tata Naskah Dinas Elektronik di Lingkungan Pemerintah, maka aplikasi ini dikembangkan.

 

SiMAYA dilakukan pada instansi kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah untuk meningkatkan efektifitas dan produktifitas kerja, serta tertib administrasi.

Versi aplikasi SiMAYA terbaru telah mendukung teknologi cloud computing. Penggunaan cloud memungkinan suatu instansi dengan keterbatasan sumber daya manusia maupun infrastruktur menerapkan SiMAYA di lingkungannya. Dengan menggunakan teknologi ini aplikasi SiMAYA dapat di akses dari mana saja, mudah terintegrasi. Daerah tidak perlu memiliki server, tidak perlu mengelola jaringan serta helpdesk cukup di pusat.

 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Nganjuk kini mulai memberlakukan SiMAYA guna mendukung proses manajemen persuratan untuk memudahkan proses pencarian dan pengarsipan. Untuk penerapan SiMAYA ini perlu pengenalan aplikasi dimaksud dengan uji coba penggunaan secara masif di semua lini Pemkab Nganjuk.

 

Sebagai tindak lanjut, Dinas Koninfo Kabupaten Nganjuk mengadakan uji coba aplikasi SiMAYA, Selasa (20/04/2021). Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Nganjuk Ida Shobihatin, AP, M.Si mengatakan bahwa SiMAYA bukanlah hal baru. Beberapa waktu lalu, Dinas Kominfo telah memberi informasi tentang SiMAYA kepada seluruh OPD di lingkungan Pemkab Nganjuk. Namun karena belum berjalan, maka belum efektif dilaksanakan.

 

Ida mengatakan, uji coba ini dilakukan sementara di lingkup Sekretariat Daerah Pemkab Nganjuk. Setelah berjalan lancar, baru diperluas di seluruh OPD. “Untuk itu, kita upayakan bersama-sama belajar bareng, mengingat kembali bagaimana aplikasi SiMAYA kita tujukan kepada OPD lingkup setda dahulu,” ungkapnya.

 

“Sehingga apabila OPD yang ada di setda ini nanti sudah bisa, berarti trial error sudah kita laksanakan dan aplikasi sudah berjalan lancar. Setelah itu nanti kita akan perluas. Kita akan kembangkan aplikasi ini ke seluruh OPD seluruh Kabupaten Nganjuk apabila sudah terbukti pada OPD yang hari ini kita laksanakan kegiatan bimbingan untuk operasional teknisnya,” tambah mantan Camat Gondang itu.

 

Ida berharap, usai mempelajari SiMAYA dan dikuasai dengan baik, maka dapat benar-benar dioperasikan. Sebab, aplikasi tersebut dapat menunjang, dan diperluas. “Artinya pelaksanaan SPBE yaitu pemerintahan yang berbasis elektronik sudah benar benar diaplikasikan nantinya,” tutupnya.

 

Sebagai informasi, kegiatan turut diikuti beberapa undangan dari unsur pimpinan OPD. Misalnya BKD, BPBD, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Kemudian, turut menjadi peserta, pejabat maupun staf dari Bagian Umum Pemkab Nganjuk yang membidangi persuratan. Serta seorang staf yang membidangi surat keluar dan masuk, dari Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Pemerintahan dan Kesra, dan Asisten Administrasi Umum. (el/cus)

 

Berita Ini telah terbit di Portal Informasi Nganjuk dengan Judul "Pemkab Nganjuk Mulai Uji Coba Aplikasi SiMAYA"

https://www.nganjukkab.go.id/home/detail-kabar/pemkab-nganjuk-mulai-uji-coba-aplikasi-simaya