Hari Santri Nasional 2020, Bupati Novi Ajak Para Santri Jaga Negara Kesatuan Republik Indonesia


 2020-10-22 |  Harissudin

Untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama. Maka setiap tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Nganjuk menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2020, di halaman Pendopo Pemkab Nganjuk, Kamis (22 Oktober 2020).

Dengan mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”, Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidhayat, S.Sos, MM mengajak para santri untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia serta berperan aktif dalam membangun bangsa yang berkesinambungan.

"Kita harus bersyukur karena hari ini adalah hari yang bersejarah, satu-satunya negara di dunia yang memeringati hari santri. Karena sejarah berdirinya bangsa ini tak lepas dari peran serta dari para santri," ujar Mas Novi, sapaan akrab Bupati Nganjuk.

Lebih lanjut, Mas Novi berharap kepada para santri untuk terus melanjutkan perjuangan para pendahulu saat memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Yakni dengan menjaga persatuan dan ikut berkontribusi dalam pembangunan di segala bidang bangsa Indonesia.

"Saat ini dengan perkembangan teknologi menjadikan persatuan dan ukhuwah kita sedang diuji. Dan kami berharap para santri berhati-hati dalam menyikapi semua informasi berita yang mempunyai tujuan memecah belah persatuan bangsa Indonesia," tegas Mas Novi.

Sementara itu, upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2020 di Kabupaten Nganjuk dilaksanakan di halaman Pendopo Kabupaten Nganjuk. Diikuti para santri dari berbagai Pondok Pesantren di Nganjuk serta anggota Banser Kabupaten Nganjuk. (Diskominfo,foto:humaskabnganjuk)