Forum Perlindungan Anak "Sehari Menjadi DPR Deklarasi Dua Tahun 2020"


 2020-10-11 |  Harissudin

Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Sosial dan PPPA menggelar acara Sehari Menjadi DPRD Deklarasi Dua, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Nganjuk, Minggu (11/10/2020).

Kegiatan bertajuk “ Sehari Menjadi DPR”, merupakan program kerja Dinas Sosial dan PPPA Kabupaten Nganjuk tentang aspirasi terkait kongres anak Nganjuk yang dilaksanakan selama dua hari (10-11 Oktober 2020) dan diikuti oleh 130 siswa-siswi SMP dan SMA terpilih di Kabupaten Nganjuk. 

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan forum aspirasi anak melalui sidak anak untuk menghasilkan out put bahan pertimbangan dalam pengambilam keputusan pemerintahan dalam setiap perencanaan pembangunan serta menjadi pelopor yang mempunyai jiwa demokratis untuk mengambil keputusan seacara responsive dan solutif serta mengolah berbagai informasi menjadi sebuah mimpi dalam mewujudkan Kabupaten layak anak.

Melalui Forum Anak Nganjuk dibawah naungan Dinas Sosial dan PPA. Kegiatan Sehari Menjadi DPR Deklarasi Dua resmi dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Nganjuk Samsul Huda, M.Si, dan dihadiri Kepala Dinas Sosial dan PPPA, Kepala Dinas Pariwisata Fajar Djudiono, Kabag Persidangan Sekwan DPRD, Sekretaris Bappeda dan peserta Sehari Menjadi DPR deklarasi dua.

Dalam sambutannya, Asisten Pemerintahan dan Kesra Nganjuk Samsul Huda menjelaskan kegiatan Sehari Menjadi DPR Deklarasi Dua  ini merupakan sebuah momen yang diilustrasikan dalam kehidupan yang belum nyata, tetapi hal ini merupakan sebuah asa bagi adik-adik dalam mencapai cita-cita dengan komitmen yang tinggi. 

“Dengan kerja keras, belajar sungguh-sungguh. Saya yakin kalin semua bisa mencapai cita-citanya bahkan menjadi Bupati Nganjuk kelak, namun hal tersebut tinggal keyakinan dan prinsip yang kalian lakukan, “ tegasnya.

Lebih lanjut, Asisten Pemerintah dan Kesra Samsul Huda berpesan agar para peserta mempunyai integritas yang tinggi, semangat pantang menyerah dan terus berinovasi dalam pengembangan diri untuk menambah wawasan sebagai bekal kelak mewujudkan impian kalian semua.


Sementara itu, Kabag Persidangan Sekwan DPRD Nganjuk Elly Hernatias menyampaikan bahwa syarat untuk menjadi seorang Anggota DPR yaitu harus bisa mencari suara, yang artinya suara merupakan bentuk wujud demokrasi dalam bersosialisasi dengan masyarakat.

“ Dalam ilmu politik disebutkan bahwa manusia merupakan makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Maka perlu komunikasi untuk memperoleh suara,” tambahnya

Selain itu, Elly Hernatias menambahkan dalam menjadi anggota dewan, setiap dewan diwajibkan melaksanakan resses untuk menampung aspirasi masyarakat. kemudian hasil resses dikumpulkan di sekwan yang nantinya akan ditindaklanjuti ke Bappeda untuk mendapat persetujuan .

Oleh karena itu, Elly Hernatias berpesan kepada para peserta agar tekun belajar, punya rasa percaya diri dan terus berinovasi, supaya kelak apa yang dicita-citakan bisa tercapai.