Ketua Tim Penggerak PKK Berharap PTP Bisa Berkelanjutan Guna Pemenuhan Gizi Masyarakat


 2020-08-28 |  Yesy Agustin

Meski pandemi Virus Corona masih belum selesai, tetapi pemerintah mulai menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) guna menjalankan program-programnya. Salah satunya, yaitu melaksanakan giat Lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) Kabupaten Nganjuk yang telah memasuki babak enam besar, Kamis (27/8/2020).

Tujuan dilaksanakan Lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) yaitu untuk meningkatkan pemanfaatan tanah Pekarangan di lahan sempit di sekitar rumah guna pemenuhan kebutuhan sumber gizi keluarga secara swadaya, dan hasil dari usaha pemanfaatan Pekarangan dapat diambil sewaktu waktu dengan tidak ada musim pacekliknya.

Seperti yang dilakukan pada sebelumnya di 4 Desa lainnya, yaitu Desa Sumberwindu Kec. Berbek, Desa Bajulan Kec.Loceret, Desa Kedungombo Kec. Tanjunganom dan Desa Cengkok Kec. Ngronggot.

Dihari terakhir penjurian enam besar Lomba PTP, Ketua Tim Penggerak PKK Yuni Sophia kembali mendampingi tim juri melakukan penilaian di dua desa yang lolos ke babak enam besar lomba PTP yaitu di Desa Petak Kecamatan Bagor dan Desa Kedungglugu Kecamatan Gondang.

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Desa Petak Kecamatan Bagor, disini Ibu Yuni Sophia meninjau langsung  pemanfaatan pekarangan rumah warga, cafe desa, serta  beliau memeriahkan acara dengan menyanyikan sebuah lagu yang diiringi oleh pemuda karangtaruna desa.

Kemudian, Ibu Yuni Shopia bersama rombongan bergeser ke lokasi kedua di Desa Kedungglugu Kecamatan Gondang. Pada kesempatan tersebut, beliau mengunjungi halaman rumah milik warga RT 1,2, dan 3 RW 4 dengan menaiki becak hias yang disediakan warga.

Selain itu, Ibu Yuni Shopia mampir kerumah warga untuk melihat tanaman sayuran, buah, dan tanaman obat keluarga. Serta berkesempatan memanen lele hingga menikmati produk unggulan Desa Kedunglugu.

Setelah kunjungan terakhirnya ini, Ketua Tim Penggerak PKK Yuni Sophia bersama tim juri akan melakukan evaluasi untuk menentukan pemenangnya dan mewakili Kabupaten Nganjuk untuk mengikuti lomba PTP di tingkat Provinsi.

Ketua Tim Penggerak PKK Yuni Sophia berharap agar pemanfaatan tanah pekarangan ini tidak hanya dijadikan perlombaan saja, tetapi tetap dilanjutkan sebagai kebudayaan atau kebiasaan.

“Terus lakukan inovasi, karena tujuan dari pemanfaatan tanah pekarangan ini untuk pemenuhan gizi bagi masyarakat, “ tambahnya. (Diskominfo,foto:humaskabnganjuk)