IVA TANTE CERDAS mengantarkan Puskesmas Berbek maju ke 40 Terbaik Kovablik Provinsi Jawa Timur


 2020-08-24 |  Yesy Agustin

Melalui aplikasi Zoom, Senin, 24 Agustus 2020 Puskemas Berbek mengikuti Presentasi dan Wawancara yang dipandegani langsung oleh Wakil Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi di Command Center Pemkab Nganjuk.


IVA TANTE CERDAS atau Iva Test Wanita Tersedia  Cepat, Dekat, Aman, dan Sehat, yaitu metode  mendeteksi kanker mulut rahim secara dini. Inovasi IVA TANTE CERDAS merupakan program pioneer di Kabupaten Nganjuk dimulai awal tahun 2018. Di depan dewan juri, Kang Marhaen menyampaikan bahwa keunikan IVA TANTE CERDAS adalah adanya komunitas baru yaitu Kader Club Sayang Wanita (CSW) dengan semangat gotong royongnya. 

Selain itu, adanya kemitraan dan pemberdayaan  (MOU TP-PKK dan Kades) yang khusus bergerak menurunkan angka kematian akibat kanker mulut rahim dengan merubah prilaku masyarakat yang semula melakukan deteksi dini kanker mulut rahim dengan pemeriksaan IVA itu karena suatu anjuran menjadi sebuah kebutuhan rutin sehingga, cakupan deteksi dini kanker mulut rahim dengan pemeriksaan IVA meningkat, penemuan IVA Test positif/gejala kanker mulut rahim tertangani sejak dini akhirnya bisa mencegah wanita jatuh ketahap kanker dan kematian akibat kanker mulut rahim bisa ditekan. Hal ini ternyata mampu membangun sebuah kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan alat reproduksi.

Menjawab pertanyaan dari dewan Juri, Binti Qon’iah, MPH, yang merupakan inovator di PKM Berbek mengatakan bahwa IVA TANTE CERDAS sangat mudah direplikasi, ditransfer dan diadaptasi karena semua desa di Indonesia memiliki ketua TP-PKK, semua desa memiliki posyandu dan semua posyandu memiliki kader kesehatan, tinggal disatukan dalam sebuah bentuk kelompok yang diwilayahnya biasa  disebut CLUB SAYANG WANITA beserta semua kegiatan yang dilaksanakannya dan murah biaya.

dr. Endang Rahayu, Kepala Puskesmas Berbek menyampaikan Inovasi IVA TANTE CERDAS sudah diadopsi oleh 4 (empat) Kecamatan (Ngetos, Nganjuk, Loceret dan Sawahan) di Kabupaten Nganjuk. Inovasi ini dimulai awal  tahun 2018 di kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk sebagai pilot project. IVA TANTE CERDAS sudah disosialisasikan di Kabupaten Nganjuk oleh Kepala Puskesmas Berbek bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk. 


#InovasiSehat
#KovablikJatim
#NganjukSehat

(diskominfo)