BPJS Ketenagakerjaan gelar FGD bersama Pemerintah Kabupaten Nganjuk


 2020-08-13 |  Yesy Agustin

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Nganjuk menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri oleh Wakil Bupati Nganjuk Dr. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MH, MBA, Jajaran Forkopimda Nganjuk, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Timur Dodo Suharto, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, serta perwakilan pengusaha yang ada di Nganjuk.

Focus Group Discussion (FGD) bertajuk “Peran Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bagi Dunia Usaha dan Pekerja pada Masa Pandemi Covid-19 di Wilayah Kabupaten Nganjuk” dilaksanakan di Pendopo Pemerintah Kabupaten Nganjuk, Kamis (13/08/2020). Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat dengan menjaga jarak dan senantiasa menggunakan masker untuk menekan angka penyebaran pandemi COVID-19.

BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan hukum pemerintah yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden RI untuk memberikan perlindungan bagi tenaga kerja dalam menghadapi resiko sosial ekonomi tertentu akibat hubungan kerja. 

Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Timur, Dodo Suharto menjelaskan BPJS Ketenagakerjaan memiliki empat program, yakni jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun. 

"BPJS Ketenagakerjaan ini misinya melindungi dan menyejahterakan seluruh pekerja, baik itu formal maupun informal, jadi kami harap lebih banyak lagi masyarakat yang sadar untuk bisa memanfaatkan program-program yang ada di BPJS Ketenagakerjaan," jelas Dodo Suharto.

Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi menyampaikan, kehadiran BPJS Ketenagakerjaan ini sangat memberi banyak manfaat bagi para pekerja di wilayah Kabupaten Nganjuk. 

“ Hal ini sekaligus sebagai momen untuk mensosialisasikan gerakan 2 juta masker, yang akan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Nganjuk. Dalam membantu peran penting Gugus Tugas untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Nganjuk, “ ujar Kang Marhaen, sapaan akrab Wakil Bupati Nganjuk.

Lebih lanjut Kang Marhaen, menjelaskan Pemkab akan terus meningkatkan kolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan, yang selama ini sudah dibina dengan baik dan terus melakukan koordinasi dalam hal pelaksanaan penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan di Nganjuk.

Kang Marhaen menghimbau serta berharap kepada masyarakat Nganjuk untuk  bermasa-sama melawan Covid-19 dengan memakai masker, karena dengan menggunakan masker riset menyatakan 70% bisa mencegah penularan covid-19.

Selain menggelar FGD, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Nganjuk juga memberikan bantuan berupa 6000 masker kepada Pemkab Nganjuk untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan, sebagai wujud kepedulian terhadap kondisi pandemi COVID-19. (Diskominfo)