Pendaftaran Seleksi Terbuka untuk Jabatan Sekda Nganjuk Resmi Dibuka


 2020-07-23 |  Harissudin

Guna mengisi kekosongan jabatan Sekretaris Daerah (Sekda), Pemerintah Daerah (Pemda) Nganjuk melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) resmi membuka pendaftaran open recruitment atau seleksi terbuka pada Rabu (22/07/2020).

Kepala BKD Kabupaten Nganjuk Dr. Sopingi, A.P, M.M menyatakan, Komisi Aparatur Sipil Negara (KSN) sudah mengeluarkan rekomendasi open recruitment tersebut, karena jabatan Sekda begitu strategis, beliau juga memastikan open recruitment dilakukan sesuai regulasi dan menjunjung tinggi keterbukaan informasi.

“Pengisian jabatan Sekretaris Daerah menjadi penting karena roda pemerintahan dan pembangunan harus berjalan. Jabatan Sekda sangat strategis, maka jabatan itu harus segera diisi oleh pejabat yang kompeten,” kata Dr. Sopingi, A.P, M.M Kepala BKD Kabupaten Nganjuk.

“Selain sebagai Kepala Perangkat Daerah, Sekda juga menjadi Kepala Tim Anggaran Pendapatan Daerah (TAPD), Ketua TKPRD, Ketua Tim Penilaiaan Kinerja, dan menjadi pejabat yang berwenang dengan kepegawaian,” imbuhnya.

Open recruitment untuk Jabatan Sekda Kabupaten Nganjuk sendiri akan dimulai dengan proses pendaftaran yang dilakukan pada tanggal 22 sampai 26 Juli 2020. Kemudian, pada 26 sampai 27 Juli 2020, akan dilakukan seleksi administrasi, penelusuran rekam jejak, dan pengumuman seleksi administrasi.

Setelah itu, open recruitment masuk tahap assessment kompetensi dan potensi yang digelar pada 29 Juli 2020 di BKD Provinsi Jawa Timur, Surabaya. Tahap selanjutnya pada 30 Juli 2020, pansel bakal mengumumkan hasil assessment kompetensi.

“Kemudian mengumumkan 3 (tiga) nama calon Peringkat tertinggi kepada Pejabat Pembina Kepegawaian Kabupaten Nganjuk serta melaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Jakarta dan Gubernur untuk mendapatkan persetujuan tertulis, “ kata Dr. Sopingi, A.P, M.M.

Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nganjuk Tahun 2020, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara dan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara terbuka dan kompetitif di lingkungan Instansi Pemerintah.

Beliau berharap akan ada banyak pendaftar dalam open bidding kali ini, supaya pansel dapat memilih pejabat yang benar-benar kompeten untuk menjadi Sekda Kabupaten Nganjuk.

“Karena Sekda Nganjuk adalah jabatan yang strategis dan butuh orang yang bisa menjadi solusi di Nganjuk. Dan fungsi Sekda pun sangat penting, termasuk fasilitator antara kepala daerah dengan dewan, dengan masyarakat, dengan organisasi masyarakat,” ucapnya.

Untuk pendaftaran dan informasi mengenai ketentuan, persyaratan, dan tahapan seleksi terbuka dapat diakses di www.nganjukkab.go.id.(Diskominfo,foto:humaskabnganjuk)