Dialog Interaktif Bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Nganjuk


 2020-07-22 |  Harissudin

Dalam tanggung jawab terhadap pengelolaan arsip dan penyimpanan arsip yang mempunyai nilai guna tinggi di Nganjuk, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Nganjuk Ir. Muslim Harsoyo, diundang spesial Talkshow di Radio Suara Anjuk Ladang (R-SAL) 105,3 FM.

Bertempat di ruang siar Radio Suara Anjuk Ladang (R-SAL) Dinas Kominfo, Rabu (22/07/2020). Acara talkshow tersebut mengusung tema “Menangani Arsip Viral Milik Pemerintah, Perusahaan, Maupun Pribadi dan Layanan Perpustakaan dimasa Pandemi”.

Spesial Talkshow tersebut dipandu oleh penyiar Sri Wijiastuti Soekarno (Asti), acara tersebut berlangsung sekitar 1 jam dimulai onair pada pukul 09.00 WIB Pagi hingga pukul 10.00 WIB. dengan diskusi dan dialog interaktif antara narasumber dangan penyiar.

Dalam talk show tersebut Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Muslim Harsoyo, memaparkan bahwa ada berbagai hal yang diperlukan untuk memberikan pemahaman pelayanan perpustakaan kepada masyarakat dimasa pandemi ini, yaitu melaluli e-perpus.

“Pelayanan e-perpus kami, disamping untuk masyarakat juga ada layanan khusus untuk anak-anak serta pengenalan sejarah melalui dongeng keliling dan mengenalkan objek wisata di Nganjuk, “ ujar Muslim Harsoyo.

Kabid Perpustakaan, Ratih menambahkan dimasa pandemi ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan tetap terus melayani masyarakat melalui layanan digital, yaitu dengan e-book.

“Dimana e-book ini merupakan buku panduan berbasis digital, tetapi mempunyai arti sama dengan buku seperti biasanya, namun perbedaannya e-book tanpa menggunakan kertas serta memudahkan masyarakat untuk memanfaatkannya tanpa datang ke Perpustakaan Daerah, “ jelas Bu Ratih Kabid Perpustakaan.

Sementara Petugas ITE Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Doni, menjelaskan aplikasi ini bisa diakses melalui handpone android maupun PC/laptop, sehingga mempermudah masyarakat untuk mengaksesnya.

“Dengan cara untuk menginstall aplikasi tersebut, yaitu melalui google dengan html e-book.go.id/download/e-pusda/nganjuk, “jelas Doni Petugas ITE Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.